5 Alasan Menjadikan TikTok Sebagai Media Promosi

Tiktok adalah platform video musik yang mengizinkan penggunanya untuk membuat video pendek kreasi mereka sendiri.

Pada tahun 2016 saat awal peluncuranya, jaringan media sosial satu ini kurang diminati netizen. Namun seiring berjalannya waktu, sampai tahun 2022 ini aplikasi tiktok mengalami peningkatan peminat yang sangat pesat.

Bahkan sebelum tiktok menjadi salah satu platform paling populer didunia, telah banyak praktisi digital marketing yang memprediksi popularitas aplikasi ini akan meledak.

Nyatanya prediksi tersebut memang sangat tepat. Tahun 2021 menjadi tahun kejayaan aplikasi tiktok di dunia maya. Semua kalangan usia mulai dari anak muda sampai paruh baya menggunakan aplikasi ini.

Tidak hanya digunakan sebagai ajang bersuka-ria, tiktok juga dapat menjadi platform penunjang aktivitas penjualan.

Dibawah ini akan dijelaskan beberapa hal yang menjadi alasan tiktok dapat dijadikan media promosi produk oleh pebisnis online :

1. Memiliki Jutaaan Pengguna Aktif

Di tahun 2021,  jumlah pengguna aktif tiktok telah mencapai angka yang cukup fantastis yakni 1 Milyar pengguna yang tersebar diseluruh dunia.

Tiktok memang lebih sering digunakan para penggunanya untuk membuat konten apapun, misalnya konten tentang komedi, kesehatan, menu makanan, dan sebagainya yang biasanya diselingi dengan lagu-lagu singkat.

Tidak seperti platform lainnya yang membatasi pengguna dalam menghasilkan konten, tiktok justru dengan leluasa membebaskan pengguna untuk menciptakan kontennya sendiri.

2. Remaja Mendominasi Pengguna Tik Tok

Semua kalangan usia mulai dari anak muda sampai paruh baya menggunakan aplikasi ini. Namun yang paling mendominasi adalah pengguna kalangan remaja. Potensi inilah yang menjadikan tiktok sebagai media pemasaran yang cukup tepat. 

Dengan alasan bahwa salah satu konsumen terbesar barang-barang untuk menunjang hidup seperti pakaian, dan aksesoris kekinian adalah para remaja.

Hal itu sangat mendukung pebisnis untuk menjadikan tiktok sebagai platform promosi dengan target capaian dominasi pengguna aplikasi tersebut.

3. Fitur Mudah Digunakan

Biasanya aplikasi Adobe Premiere lah yang digunakan para pengguna untuk proses editing konten. Namun tak semua pengguna dapat mengoperasikan aplikasi tersebut.

Dengan adanya platform ini memudahkan pembuat konten dalam proses editing tersebut. Fitur-fitur yang disediakan tiktok cenderung lebih mudah untuk digunakan. Sehingga semua kalangan dapat membuat konten sendiri dengan mudah dan tak perlu waktu lama.

4. Banyak Influencer Gunakan Tik Tok

Terlebih lagi, tidak sedikit influencer yang ikut terjun ke dunia tiktok.

Hal itu akan sangat menguntungkan para pebisnis yang hendak mempromosikan produknya melalui bantuan influencer. Otomatis fanbase dari influencer tersebut pasti mengikuti idolanya untuk terjun pula ke dunia tiktok karena tak ingin ketinggalan menikmati konten influencernya.

Ini bisa dimanfaatkan pebisnis dengan menjadikan potensi tersebut untuk membuat produknya ikut viral di tiktok.

5. Konten Relatif Lebih Sering Dishare

Konten video yang ada di tiktok memang relatif lebih mudah untuk di share.

Untuk mendapatkan momentum viral tersebut, pebisnis harus membuat konten promosinya sekreatif dan semenarik mungkin agar dapat menarik perhatian calon pelanggan.

Hal itu pasti akan sangat menguntungkan untuk para pebisnis online yang ikut menggunakan aplikasi tiktok sebagai platform promosi.

Ingin Belajar Lebih Dalam Lagi Tentang Dunia TikTok?

Leave a Reply

Your email address will not be published.