5 Brand Dunia Yang Sukses Mengoptimalisasi TikTok

Tercatat sampai pada tahun ini, sudah ada lebih dari 1 Milyar pengguna TikTok di berbagai penjuru dunia.

Pada awalnya digunakan sebagai medium untuk mengekspresikan diri dengan mengunggah video dan dubbing yang sebelumnya kita edit di aplikasi TikTok tersebut.

Kini aplikasi TikTok mulai berkembang menjadi peluang bisnis, sekarang ini sudah banyak brand yang menggunakan TikTok sebagai alat marketing karena aplikasi tersebut telah menyediakan berbagai tools yang bisa meningkatkan brand awareness.

Berikut adalah beberapa merk / brand ternama yang sukses menjadikan TikTok sebagai platform marketing :

  • Chipotle

Perusahaan makanan Mexican food chain yang terkenal di Amerika. Perusahaan makanan tersebut terbilang cukup sukses memanfaatkan user TikTok yang didominasi oleh anak – anak muda itu membuat berbagai konten video meme yang telah viral, salah satunya campaign yang berhasil ialah #guacdance.

Terhitung dari konten – konten tersebut berhasil membuat banyak audiens ikut mengunggah hingga 250.000 video.

  • The Washington Post

Perusahaan sekelas The Washington Post saja ikut menggunakan TikTok sebagai salah satu platform media sosial. Perusahaan jurnalistik tersebut memperlebar jangkauan mereka hingga ke generasi Z.

Maka perusahaan media ini pun ikut membuat konten – konten ringan dan lucu tanpa meninggalkan identitasnya sebagai media yang mengutamakan nilai informatif dan edukatif.

  • San Diego Zoo

Kebun binatang asal Amerika ini pun juga tak ketinggalan memanfaatkan TikTok sebagai platform marketing.

Dengan memanfaatkan fitur tagging dan menggunakan strategi cross-promotional, penggemar akan mudah menemukan konten – konten dan video hewan yang diunggah oleh San Diego Zoo di aplikasi tersebut.

  • Guess

Merk Guess akan selalu diingat menjadi konten branded pertama di aplikasi TikTok. Challenge #InMyDenim, memperlihatkan bahwa TikTok menjadi sarana yang tepat untuk menyebarkan product-awareness. Apalagi konten – konten berupa gaya hidup menjadi favorit dan referensi oleh user milenial.

  • NBA

Konten NBA yang ada di aplikasi TikTok dengan Instagram mungkin kalian lihat agak berbeda. Di aplikasi TikTok citra yang ditampilkan oleh NBA agak sedikit santai, dengan mengunggah video tentang motivasi dari pemain – pemain, video pemain yang berdansa dilapangan, video mereka latihan dll.

Berbeda dengan citra NBA di platform Instagram yang terkesan kompetitif. Dengan begitu, brand mereka lebih relatable sehingga engagement rate NBA juga tinggi.

Ingin Belajar Lebih Dalam Lagi Tentang Dunia TikTok?

Leave a Reply

Your email address will not be published.